Sabtu, 17 Juni 2017

🎓Nice Home Work 5🎓

🍀Assalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokaatuh 🍀



Berikut saya lampirkan kembali soal dari NHW 5

_NICE HOMEWORK #5_
_MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL  BATCH #4_

📝 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*📝 (Learning  How to Learn)

Setelah malam ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil  sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulasi IIP/


🍭 Baiklah sebelumnya kita ucapkan puji syukur kepada Alloh subhanahu wata'la, karena             berkat kasih sayangnya, pada malam ini memberikan kesempatan kepada saya untuk.           kembali bisa menjawab NHW 5 ini.
🍭 Berikut adalah design pembelajaran yang saya terapkan dikeluarga saya :

🌸 Membuat perencanaan

Apa saja kegiatan yang bisa diikuti untuk menambah wawasan, misal untuk menambah ilmu keagamaan, kita mengikuti kajian dimajlis ta'lim, yang kita ketahui dari media online atau dari teman yang share kajian yang diadakan dimajlis ta'lim yang terdekat area karawang.
Sesuai dengan ilmu yang saya ambil di NHW 1, maka rasanya sangat penting sekali mengikuti kajian ilmu keagamaan yang disampaikan oleh ustadz atau ustadzah, mengingat agama adalah pondasi dari sebuah keluarga, dan ilmu yang harus diupdate terus menerus.

Biasanya kami mengikuti majlis ta'lim setiap hari minggu, jika suami sedang libur kerja, tapi jika suami masuk kerja, saya dan albi sempatkan untuk hadir berdua, atau jika saya berhalangan hadir, biasanya ada review materi kajian yang dikirimkan dari teman yang hadir kajian.

Membuat perencanaan terkadang tak semulus yang dibayangkan, jika kita tidak konsisten menjalankan apa yang sudah kita rencanakan, maka hasil yang ingin kita capai, tidak akan terwujud, jadi di tahap perencanaan ini, perlu sangat sekali menjaga konsisten waktu.

📚Misal mulai dari sekarang saya terapkan, dan saya membuat perencanaan hafalan ayat untuk saya dan suami, persatu bulan, saya print, saya tempel dipintu kamar.

👶👦untuk albi anak saya usia 4.5bulan, karena misi saya dan suami, ingin menjadikan albi anak yg sholeh, cerdas dan berempaty, mulia hatinya, seuai dengan arti namanya, maka saya terapkan beberapa jadwal, misal mengaji iqro ba'da sholat magrib atau ashar, atau semaunya albi maunya kapan, asalkan hari itu ada ngaji iqronya, juga untuk hafalan, biasanya waktunya sesuai moodnya dia. Dan untuk jadwal sholat saya dan suami harus konsisten memberikan contoh, kalau sholat harus diawal waktu, saat adzan sudah berkumandang, alhamdulillah sudah terbiasa dan malah sering albi yang mengingatkan ketika sudah adzan.

Menyiapkan media pembelajaran untuk albi, misal jika albi ingin mewarnai, maka saya yang membuat gambar untuk diwarnai oleh albi, membuat playdough bersama, membelikan buku untuk mendongeng.

🍬 Menyiapkan perencanaan, untuk melihat passion yang saya ambil, misal satu tahun ini, update ilmu apa yang akan saya jalankan, misal ilmu jahit, maka jika ada rezky lebih, saya ikuti les jahit, atau untuk mengetes keberanian didunia perdriveran mobil, saya ikut kursua setir mobil.

🍬 perencanaan menyisihkan sedikit uang untuk menabung membeli buku bergizi

🍬 perencanaan mengunjungi tempat wisata untuk update wawasan albi
🍬 perencanaan menyebar brosur les disekitar rumah, supaya banyak anak-anak yang mau belajar dan mengerjakan PR bersama di tempat les yang sedang saya rinti, dan menyebarkan ke sekolah-sekolah, agar banyak anak yang tahu bahwa ada tempat les dengan harga terjangkau.

🌸 Bergerak melakukan

Pada tahapan ini, setelah kita membuat perencanaan, bagaimana kita melakukan apa yang sudah kita sepakati bersama, dan konsisten dengan yang sudah kita buat,

🍬 Untuk mengikuti kajian, persatu minggu sekali, atau persatu bulan sekali, asalkan ada ilmu yang masuk, untuk update diri kita masing-masing
🍬 Untuk hafalan ayat, kita setor masing- masing, saya setor ke suami, suami setor ke saya
🍬 Saling mengirim postingan via media sosial yang dirasa bermanfaat untuk saya dan suami.
🍬 Membersamai bermain bersama albi, sesuai dengan media yang sudah kita siapkan.
🍬 Memberikan fasilitas sesuai kemampuan dan sesuai dengan visi dan misi keluarga kita, misal memilih sekolah yang berbasis islam, membelikan buku bergizi untuk mendongeng, membelikan permainan yang bermanfaat.
🍬 Membuat alarm di Hp atau menulis dan menempel agar terlihat, bahwa kita punya tujuan yang ingin kita capai.
🍬 Menerapkan pengajaran konsisten kepada albi, misal untuk membeli mainan, jika satu bulan ini sudah beli mainan, maka tidak boleh beli lagi, tunggu sampai bulan berikutnya.
🍬 Memberikan contoh yang baik, minum jangan sambil berdiri, maka saya memberikan contoh untuk minum sambil duduk atau jongkok jika tidak ada kursi.
🍬 mengikuti seminar parenting minimal 3bulan sekali.
🍬 mengikuti kursus jahit, untuk menambah wawasan dan mengetahui passion saya
🍬 untuk mulai menyebar brosur les, insyaalloh dimulai setelah lebaran ini, karena mulai ajaran baru.
🍬 mengunjungi tempat wisata atau tempat edukasi yang terjangkau, minimal 1bulan sekali.
🍬 membeli buku parenting dan membeli buku berkualitas minimal 1tahun sekali.
Jika harga terjangkau 1bulan sekali.

🌸 Evaluasi Proses dan Hasil

Setalah tahapan perencanaan dan bergerak, maka tahapan ini adalah evaluasi point B yaitu, bagaimana hasil dari yang sudah kita jalankan, indikator yang sudah kita terapkan dikeluarga kita, kita lihat hasilnya dan kita evaluasi apa saja kekurangannya.

💓 Jika masih belum konsisten membagi waktu, maka harus lebih konsisten lagi, misal untuk ke majlis ta'lim jika tidak sempat hadir, kita tanya review materinya, jadi asalkan ada update ilmu yang kita dapatkan.

💓 Untuk manajemen waktu kepada Albi, saya menerapkan system belajar yang fun, sesuai keinginan dia, tetapi saya arahkan, misal dari indikator mencontohkan waktu sholat on time, hasilnya dilihat dari albi rajin sholatnya, ketika adzan mengingatkan kami juga untuk segera sholat, memberikan contoh minum sambil duduk atau jongkok, dan hasilnya sudah terlihat ketika saya perhatikan ditempat umum tidak ada tempat duduk untuk minum, maka dia langsung jongkok, mengajarkan doa sehari-hari, terlihat hasilnya mengikuti dan mengingatkan jika kita belum terdengar membaca doa, maka albi mengingatkan.

💓 checklist apa saja yang membuat hasilnya belum terlihat atau tercapai, apakah dari segi waktu, misal hafalan ayat al-quran, harusnya satu surat 3 hari tapi molor jadi 5hari, evaluasi apa saja kendala yang kita hadapi, tetapi kita menghargai proses yang sudah kita jalankan, walopun hasilnya tidak sesuai dengan perencanaan, disinilah gunanua evaluasi untuk kemajuan kedepannya.

💓 checklist apa saja yang sudah berhasil dan apa saja yang belum berhasil, atau yang belum tercapai dan belum kita terapkan.

😊Mungkin cukup sekian design pembelajaran yang kita terapkan, bagaimana perencanaan yang kita buat, bagaimana proses melakukan dan bagaimana evaluasi proses dan hasil yang sudah kita kerjakan. Tentunya semua itu kita jalankan dengan perasaan yang happy dan tidak terpaksa, kalau dipaksakan harus, karena melawan rasa malas.

💑👪Salam hangat terdahsyat dari keluarga Jesti (JeniResti)
Dengan slogan 'BBM SDA' (Belajar, Bersama,Menuju, Sukses Dunia Akhirat)

Berikut saya lampirkan beberapa kegiatan keluarga Jesti.

A. Print out hafalan surat selama 1 bulan


B. Bermain mewarnai bersama



 C. Mengajak teman sholat bersama, diawal waktu


 D. Membersamai bermain sepeda


E. Bajar menjahit, dengan dukungan suami dan anak


F. Hasil karya mewarnai albi


G. Mengaji iqro ba'da magrib


 H. Membeli buku dongeng


I. Plan mengajarkan bersepeda, tanpa roda bantu, diusia pas 4thn


J. Mewarnai gambar bikinan saya


K. Membersamai berlajar bersama















0 komentar:

Posting Komentar

 
All About Albiethar Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template