Rabu, 07 Juni 2017

👶👶NICE HOMEWORK 4👧👦

📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

🌸JAWABAN🌸

Masih sama yaitu ilmu "SABAR", sabar dalam mendidik anak, dengan ilmu bekal ilmu yang saya peroleh baik secara offline ato online, sabar dalam menghadapi setiap ujian yang Alloh berikan. Dan setelah saya mengirim NHW 1, jadi saya punya pengerem ketika kesabaran saya diuji, didalam hati saya langaung berkata 'kan sedang menekuni ilmu sabar,ingat tahan emosi'. Alhamdulillah semoga kedepannya semakin terjaga.

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

🌷JAWABAN🌷

Kalau untuk membuat checklist misal berupa print out NHW 2, belum saya lakukan, tapi untuk prakteknya sedikit2 sudah saya lakukan, dan di bulan ramadhan ini, kebetulan saya dan suami punya target ramadhan juga sesuai diskusi kita bersama, dan sudah saya print out dan saya tempel di pintu kamar, dan ini juga termasuk ke dalam NHW 2, sebagai proses hafalan qur'an dan khatam qur'an, semoga kedepannya akan terus berlanjut program di keluarga kecil saya ini, dengan kekompakan dan kerja keras semoga semakin terpacu proses belajar kami sebagai orangtua,yang bisa memberikan efek kepada anak kami.
Berikut saya lampirkan target hafalan, yang sesuai dengan checlist NHW 2, selama menjalani ibadah dibulan suci ramadhan, dan target untuk anak kami albiethar.






b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

🍒JAWABAN🍒

Untuk menetapkan secara pasti, jujur saya belum pas dan meyakinkan diri saya kembali, bahwa disinilah passion saya, karena sekarang selain sebagai IRT full mom, saya juga nyambi buka kursusan di rumah, walaupun masih dari mulut ke mulut informasinya, tapi alhamdulillah 2 tahun belakangan ini, semenjak saya resign kerja, ada 4 mahasiswa yang menyusun tugas akhir, kursus bagaimana membuat website untuk pemula, 2 siswa SMP yang belajar bimbingan mata pelajaran sekolah, dan 2 siswa SD juga bimbingan pelajaran sekolah, dan saya juga mengajar adik saya sendiri, memang impian saya, ingin membuka kursusan dirumah setelah saya resign kerja, tapi saya masih bertanya-tanya dan masih mencari jika ada tambahan ilmu yang bisa membuat saya percaya diri dengan passion saya dan mengasah passion saya kembali, misal 1 tahun setelah resign kurus apa yang saha ambil, sehingga ada ilmu yang bisa menambah wawasan saya, saya ambil kursus setir mobil, karena ingin mengasah keberanian saya, dan niat saya ingin bisa antar jemput anak sekolah, jika papinya kerja, saya yang handle, setelah itu tahun ini saya kursus jahit, karena ingin tahu sejauh mana saya bisa menjahit dan mendesain pakaian, karena saya ingin bisa menjahit pakaian keluarga saya sendiri, dan ingin bisa membantu ibu2 sekitar rumah misal memperbaiki baju yang bolong, dan kedepannya saya ingin kursus salon muslimah, seputar ilmu message wajah, niat saya ingin ibu2 bisa ke salon denan harga murah, saya ingin terus memberikan manfaat untuk orang sekitar saya, tentunya dengan passion yang saya tekuni dan saya pelajari.

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Contoh :  Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka Ibu tersebut menetapkan  tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

🌹JAWABAN🌹

Karena ilmu sabar mendidik anak masih berkaitan dengan ilmu parenting, maka saya perlu juga mendalami ilmu,
🍭Bunda sayang, mempelajari ilmu secara offline ato online seputar ilmu mendidik anak dengan sabar, juga target saya membeli buku2 berkualitas update diri saya seputar ilmu parenting, dan buku bulan ini insyaalloh masih bukunya teh kiki barkiah yang sedang saya PO, karena belum diterbitkan, dengan judul 'Satu Atap 5 Madrasah'.
🍭Bunda cekatan, mempelajari terus dan menyemangati diri agar konsisten manajemen waktu, ketika penyakit malas melanda, tidak menunda-nunda pekerjaan rumah.
🍭Bunda produktif, terus mengasah passion dan kepercayaan diri saya, dengan membaca ilmu-ilmu mompreuneur, dll.
🍭Bunda shaleha, terutama untuk di lingkungan didalam rumah dan sekitar rumah, akan terus memberikan manfaat untuk sekitar, dan membekali dengan ilmu-ilmu menjadi pribadi yang shaleh, dan senantiasa berdoa pada Alloh, supaya tetap diistiqomahkan.


d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai  10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang  di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak.  Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Milestone  yang ditetapkan oleh ibu tersebut  adalah sbb  :

🍬JAWABAN🍬

KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : dikilometer ini, sedang saya jalani dan saya ambil, setelah saya resign dan fokus mendidik secara full time anak saya albi, dan praktek tidak semudah teori, jadi saya terus membekali diri saya bagaimana menjadi bunda sayang, dengan mempelajari dan ilmu seputaran mendidik anak dengan sabar, termasuk saya bergabung denga komunitas IIP ini, dan menjadi istri yang selalu ada untuk suami saya.
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : di tahap ini, karena kebiasaan saya bekerja mengerjakan sesuatu on time, maka terbawa ke dunia IRT, jadi menjadi bunda cekatan yang disiplin waktu, tapi saya harus membekali diri saya dengan ilmu, ketika rasa malas melanda, saya harus belajar manajemen waktu ketika sedang datang rasa malas.
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : di tahap ini juga, sesuai dengan rencana saya, resign dari kerja, harus ada ilmu yang saya pelajari, supaya saya masih bisa produktif walaopun saya tidak bekerja diluar, jadi setiap tahun, jika ada rezky lebih saya akan terus mengikutk kursus yang belum pernah saya ikuti, atau saya gabung dengan komunitas yang bisa membuat saya produktif.
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : di tahap ini saya ingin terus memberikan manfaat untuk orang sekitar, khususnya saya bisa memberikan kursus les untuk anak2 sekitar, dengan harga terjangkau, maka saya perlu mengupdate terus dan belajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pendidikan anak.



e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

🍭JAWABAN🍭
Akan saya buat print outnya dan saya tempel di pintu kamar, supaya saya bisa memanage waktu dengan sebaik mungkin, sesuai dengan tabel yang sudah saya buat.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Sedang saya lakukan sekarang dari awal ramadhan, dan terus berlanjut sampai bulan berikutnya. Aamiin

Itulah sedikita kisah saya diatas, semoga dengan NHW 4 ini, saya semakin termanage waktu saya, dan semua target yang saya impikan bisa terwujud, aamiin.


Salam ibu yang sedang belajar menjadi ibu profesional

🌻Resti Utami🌻



0 komentar:

Posting Komentar

 
All About Albiethar Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template