Selasa, 16 Mei 2017

NHW (Nice Home Work) pekan 1

📚NICE HOMEWORK #1📚

ADAB MENUNTUT ILMU

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi Ibu Profesional Batch #4, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.

Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW.


Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh



Sebelum saya menjawab NHW Pekan 1 ini, terlebih dahulu saya ingin memanjatkan puji dan syukur kepada Alloh subhanahu wataa'la, karena jujur, saya sangat excited sekali mengikuti matrikulasi batch 4 ini, saya kenal IIP itu waktu saya ikuti seminar yang diadakan IIP, dan saya sangat merasa penting sekali, untuk bergabung dengan group ibu-ibu ini, lalu saya meminta ijin suami dan alhamdulillah sekarang sudah bergabung dengan ibu-ibu hebat ini.

Terimakasih sudah memberikan banyak ilmu kepada saya, dan melibatkan saya dalam matrikulasi batch 4 ini, semoga ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat dan saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.


Lanjut ke jawaban dari pertanyaan NHW pekan 1 yah.


Dalam materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW nya adalah sbb:


1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

Jurusan ilmu yang saat ini sedang saya tekuni dan sedang saya jalankan di universitas kehidupan ini adalah ilmu 'SABAR' dalam menjalankan peran saya, sebagai hamba, sebagai anak,sebagai istri, dan juga sebagai ibu dari anak-anak saya. Saya khususkan disini ilmu sabar dalam menjalankan peran saya sekarang sebagai istri dan Ibu. Mengingat sabar itu belajarnya sepanjang masa dan sepanjang hayat diuniversitas kehidupan ini.

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

Alasannya karena khususnya sekarang setelah terjun langsung di universitas kehidupan, yaitu berumahtangga dan mengurus anak, menurut saya sangat dibutuhkan kesabaran yang luar biasa, apalagi dalam mendidik anak, ada fase-fase dimana anak sangat menguji kesabaran kita, 

oleh karena itu saya sekarang terus belajar dan belajar dari guru kehidupan saya ini yaitu anak saya, karena dialah sekarang saya harus lebih sabar dalam kondisi apapun, dan saya merasakan bahwa saya masih kurang sabar, disaat kondisi-kondisi tertentu dan harus terus belajar menjaga kesabaran saya.

Dan saya ingin anak saya mempunyai sifat sabar, karena saya tidak ingin menjadi role model untuk anak saya, menjadi panutan untuk mereka, ketika saya sabar, maka anakpun akan ikut sabar, karena kondisi suasana kita mempengaruhi juga perilaku anak. Jadi saya akan terus belajar mengelola kesabaran saya.


Dan mengingat juga ada ayat 'Innallaha ma'asshobiriin' (sesungguhnya Alloh bersama orang sabar). Jadi semakin terpacu dan termotivasi lagi dan kembali lagi ke niat awal,jika stok sabar berkurang.


3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

Strateginya saya adalah, akan melakukan diskusi dan evaluasi dengan suami, memberikan penghargaan dan hukuman jika saya masih melanggar aturan yang sudah dibuat bersama, mengunjungi majelis-majelis ta'lim yang bisa membuat saya lebih tenang, sehingga saya bisa lebih sabar dalam menghadapi dan menjalankan peran saya sebagai istri dan ibu, 

bergabung dengan komunitas ibu-ibu profesional, dimana banyak ilmu mengenai mendidik anak dan mengelola emosi kita sebagai ibu, mengikuti matrikulasi batch 4 ini, untuk menambah wawasan pengetahuan dalam menjalankan peran saya sebagai istri dan ibu, mengikuti seminar-seminar parenting, terus mengupgrade ilmu dengan membaca artikel-artikel yang berseliweran secara online dan saya membeli buku-buku yang berkaitan dengan mengasuh anak, mendidik anak, menjalankan peran ibu, dll.


4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Perubahan sikap yaitu saya akan belajar ikhlas dan membersihkan jiwa,supaya ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat khususnya bisa dipraktekkan,karena teori tidak semudah praktek. Lebih terjadwal lagi dalam setiap kajian, dan membaca lagi tulisan-tulisan ilmu yang sudah di dapat dari guru, melalui kajian, seminar, dauroh,dll.

Sekian jawaban NHW pekan pertama ini, semoga tulisan saya ini bisa saya pertanggungjawabkan dan saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

*Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia*


Salam Ibu Profesional,

Mom Albi



Inilah foto guru kehidupan saya, albiethar arkhan nopandri 




x

0 komentar:

Posting Komentar

 
All About Albiethar Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template